Sabtu, 12 November 2011

Perangkat Keras Media Penyimpanan


Perangkat Keras Media Penyimpanan

MEDIA PENYIMPANAN (MEMORI) EKSTERNAL 
Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama yang telah disebutkan di atas.
Berikut adalah contoh dari memori eksternal:
  1. Hard Disk, salah satu jenis piringan magnetik yang memiliki kapasitas yang besar. Hard disk memiliki piringan metal yang memungkinkan data dapat disimpan dalam bentuk titik-titik bermagnet. Data disimpan pada kedua permukaan. Piringan-piringan yang menyusun hard disk tersimpan rapat dalam hard drive agar terlindung dari partikel debu yang akan mengotori piringan sehingga head dan piringan tidak bertabrakan , yang dapat menimbulkan kerusakan.
  1. Floopy Disk (Disket, magnetic diskette, flexible disk), diciptakan agar data dapat dipindahkan dari suatu komputer ke komputer lain. Sehingga biasa disebut removable disk. Disket berisi sebuah piringan magnetic yang terbuat dari bahan plastik. Piringan dibagi atas sejumlah lingkaran yang masing-masing disebut track. Saat disket diformat, track dibagi menjadi beberapa sektor. Pada sektor inilah data direkam. Pembacaan dan penulisan data ke piringan magnetic dilakukan melalui head yang akan menempel ke permukaan piringan. Media floopy disk, memerlukan peranti floopy disk drive.
  1. CD ROM (Compact Disc Read Only Memory), jenis piringan optik yang hanya dapat dibaca. Perantinya adalah CD ROM drive. Adapun jenis piringan optik lainnya adalah:
    1. CD WORM (Compact Disc Write Once Read Many)
Perekaman hanya dilakukan sekali dan isinya tidak dapat diubah.
    1. CD RW (Compact Disc Rewritable)
Memungkinkan data yang sudah ada pada piringan dihapus dan diganti dengan data yang baru.
4. DVD (Digital Video Disc)
Memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar, membaca lebih cepat dari pada CD dengan muatan video yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar